Senin, 25 Desember 2017

Snowden Meluncurkan Aplikasi Anti Mata - Mata Haven

Mantan analis Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden  meluncurkan sebuah aplikasi untuk ponsel sebagai pusat keamanan. Aplikasi yang diberi nama Haven ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi pengguna karena mampu memburu penyelinap.
Aplikasi ini dibuat oleh Freedom of the Press Foundation,  sebuah organisasi di mana Snowden bertindak sebagai presiden dan  anggota direksi. Selain itu, program yang diluncurkan  pada  Jumat (22/12/2017) itu juga hadir berkat Guardian Project, organisasi yang mampu mengubah semua ponsel Android menjadi sensor 'gerakan, suara, getaran, dan pendeteksi cahaya, untuk mengamati tamu tak dikenal atau penyusup'. "Bayangkan aplikasi ini seperti Anda memiliki anjing penjaga yang bisa dibawa kemana-mana dan ditinggal di ruangan saat Anda tidak berada di sana," ungkap Snowden yang dilansir Wired, Minggu (24/12/2017).



Cara kerja aplikasi buatan sosok yang diburu pemerintah Amerika ini terbilang  sederhana.  Pengguna hanya perlu meng-install aplikasi di smartphone yang sudah tidak digunakan atau seri dengan harga terjangkau, dan letakkan ditempat yang diinginkan.
Haven juga dapat diatur agar mampu merekam dan mengambil foto ketika seseorang masuk ke dalam ruangan tempat smartphone tersebut diletakkan.
Haven kemudian akan menyalakan mic yang terpasang di smartphone untuk mendengarkan dan merekam suara penyusup, menyalakan kamera untuk merekam dan mengambil fotonya, dan menggunakan acceleromater untuk mendeteksi gerakan smartphone tersebut.
Berbagai informasi yang berhasil terekam  lalu dikirim ke smartphone pribadi pengguna dengan aman melalui layanan terenkripsi seperti Signal atau Tor.
Bagi Anda yang penasaran dan ingin coba aplikasi buatan Edward Snowden ini? Haven sudah bisa diunduh di Google Play Store sekarang.

Tidak ada komentar:
Write komentar