Senin, 18 Desember 2017

Google gunakan teknologi cahaya untuk sambungkan internet ke pedesaan

Google saat ini sedang mempersiapkan teknologi cahaya atau light beam untuk membuat daerah pedesaan di dunia terkoneksi internet. India akan jadi negara pertama yang akan jadi jujugan Google untuk proyek ini.

Melansir Techcrunch, Google bekerjasama dengan operator telekomunikasi untuk mendatangkan koneksi internet di salah satu provinsi di India yakni Andhra Pradesh. Provinsi ini memiliki 50 juta penduduk.

Nantinya Google akan menggunakan teknologi bernama Free Space Optical Communications atau FSOC, yang menggunakan cahaya untuk menghantarkan konektivitas internet kecepatan tinggi, dari jarak jauh.

Akan ada 2.000 jaringan FSOC yang dibangun mulai Januari mendatang untuk menambah berbagai teknologi internet konvensional yang sudah ada di sana. Hal ini dilakukan karena menurut Google, ada "kesenjangan kritis soal jalur akses internet" yang biasanya disokong oleh teknologi konvensional seperti menara BTS.

Hal ini melanjutkan misi Google untuk membawa internet ke daerah terpencil, setelah sebelumnya berhasil menggunakan Balon Internet Google. Salah satu proyek yang berhasil adalah membawa kembali internet di Puerto Riko yang luluh lantak oleh badai Maria.

Tidak ada komentar:
Write komentar